Minggu, 03 Oktober 2021

Landing Page : Manfaat dan Anatominya untuk Pemula

 

Dalam pemasaran digital, halaman arahan atau landing page adalah halaman web mandiri. Halaman ini dibuat khusus untuk kampanye pemasaran atau periklanan yang sedang dijalankan. Ini adalah tempat pengunjung mendarat setelah mereka mengeklik tautan di email, atau iklan dari tempat dimana Anda meletakkannya.

Tidak jarang juga kita melihat landing page yang diletakkan di Google, Bing, YouTube, Facebook, Instagram, Twitter, atau tempat serupa di web. Tidak seperti halaman web, yang biasanya memiliki banyak tujuan dan mendorong eksplorasi, landing page hanya dirancang dengan satu fokus atau tujuan, yang dikenal sebagai ajakan bertindak/call to action atau disingkat CTA.

Fokus inilah yang menjadikan halaman landing sebagai opsi terbaik untuk meningkatkan rasio konversi kampanye pemasaran Anda dan menurunkan biaya untuk mendapatkan prospek atau penjualan. Mari ketahui lebih lanjut mengenai landing page serta manfaat yang bisa Anda dapatkan jika menggunakannya bagi bisnis Anda.

Memahami Landing Page dan Kriterianya

Landing Page : Manfaat dan Anatominya untuk Pemula

Landing page atau halaman arahan adalah halaman di situs Anda yang dirancang untuk mengubah pengunjung menjadi prospek. Halaman ini berbeda dari halaman lain di situs Anda karena mengikuti kedua kriteria berikut ini :

  • Landing page memiliki bentuk yang memungkinkan Anda untuk menangkap informasi pengunjung dengan imbalan tawaran yang diinginkan.
  • Satu-satunya tujuan landing page adalah untuk mengubah pengunjung menjadi arahan yang mana beranda dengan formulir di atasnya tidak dihitung sebagai halaman arahan karena melayani tujuan lain juga.

Jadi secara sederhananya, landing page adalah halaman apa pun yang memiliki formulir dan tidak menyertakan gangguan lain yang dibuat untuk tujuan serta target tertentu.

Manfaat Penggunaan Landing Page

Halaman arahan memiliki manfaat khusus yang membedakannya dari situs web bisnis dan menjadikannya alat penghasil prospek dan pemasaran yang efektif. Situs web bisnis Anda mengakomodasi berbagai jalur yang harus diambil, sementara halaman arahan mengakomodasi tindakan yang lebih spesifik. Kekhususan ini adalah kekuatan pendorong di balik landing page. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda ambil jika menggunakan landing page.

  • Meningkatkan Konversi

    Seperti halnya situs web Anda berisi informasi yang mempengaruhi keputusan pengunjung untuk mengambil tindakan, landing page yang baik akan melakukan hal yang sama. Landing page menyiapkan tindakan yang jelas untuk dilakukan pengguna dan membuatnya semudah mungkin untuk melakukan tindakan yang dikenal sebagai ajakan bertindak Anda. Hasilnya, Anda akan melihat lebih banyak tindakan yang diambil yang juga dikenal sebagai konversi. Halaman arahan menguntungkan bisnis Anda karena lebih banyak konversi biasanya menghasilkan lebih banyak pelanggan dan lebih banyak uang untuk bisnis Anda.

  • Secara Langsung Mendukung Tujuan Bisnis Anda

    Salah satu manfaat utama landing page adalah mereka secara langsung mendukung tujuan bisnis Anda seperti mencapai pasar ceruk baru, mempromosikan produk baru, mendapatkan pelanggan baru, atau menutup lebih banyak penjualan. Halaman landing menguntungkan bisnis Anda karena dapat melayani audiens atau tujuan tertentu yang Anda targetkan, dan memungkinkan Anda mengukur kesuksesan terkait dengan tujuan tersebut.
    Dirancang di sekitar tindakan spesifik yang dapat disesuaikan untuk memenuhi tujuan bisnis Anda, halaman arahan dapat mendorong orang untuk mengambil tindakan seperti mendaftar ke milis Anda, memberikan informasi kontak, berlangganan buletin, melakukan pembelian, atau meminta konsultasi.

  • Menghasilkan Data dan Wawasan

    Saat Anda menautkan halaman arahan ke kampanye, konten, tindakan, atau sumber tertentu, Anda dapat melihat saluran mana yang menghasilkan prospek paling banyak, topik dan penawaran mana yang paling menarik, atau kampanye mana yang berkinerja tertinggi. Melacak perilaku pengguna adalah salah satu praktik terbaik untuk landing page yang dapat menghasilkan wawasan berharga. Jenis wawasan ini dapat membantu Anda menyempurnakan pengetahuan Anda tentang audiens target dan strategi kampanye Anda, serta meningkatkan keefektifan Anda secara keseluruhan.
    Selain itu, jika halaman arahan Anda berisi formulir, Anda dapat menggunakan informasi yang diminta dalam formulir untuk mempelajari lebih lanjut tentang pengunjung Anda, seperti tantangan khusus mereka, tanggal dan waktu yang dipilih untuk konsultasi, atau informasi khusus yang mereka ingin Anda ketahui. Salah satu cara terakhir agar laman landas menguntungkan bisnis Anda melalui data dan wawasan melibatkan pengujian. Dengan data dan analitik yang tersedia untuk halaman landing Anda, Anda dapat menguji berbagai elemen halaman landing untuk melihat apa yang paling efektif.

  • Meningkatkan Kesadaran Merek/Brand Awareness

    Saat mendesain halaman arahan, penting agar gaya, tampilan, nuansa, dan salinan halaman arahan konsisten dengan konten yang ditautkan ke halaman tersebut. Adanya landing page dengan pencitraan merek yang konsisten adalah cara ekstra untuk meningkatkan kesadaran merek dalam pemasaran. Ini akan menguntungkan bisnis Anda dengan meningkatkan konsistensi merek Anda di berbagai bentuk media, dan memberi pengguna lebih banyak kesempatan untuk mengenali dan terlibat dengan merek Anda. Saat seseorang membuka halaman landing Anda, mereka akan lebih mengenal branding bisnis Anda dan lebih cenderung mengenali bisnis Anda lagi. Karena pelanggan lebih cenderung melakukan pembelian atau menggunakan layanan dari bisnis yang mereka kenal, penting untuk memastikan mereka mengingat Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Membuat Toko Online Beserta Template dan Plugins yang Sesuai

  Membangun bisnis online tentunya merupakan ide yang bagus dengan banyak peluang yang menjanjikan. Ini membawa Anda selangkah lebih dekat k...